Sudah Tahu Tiga Jenis Gangguan Kolesterol Ini

Sudah Tahu Tiga Jenis Gangguan Kolesterol Ini? – Kolesterol merupakan zat gizi yang dibutuhkan tubuh manusia, namun bisa menjadi masalah kesehatan jika kadarnya melebihi batas normal atau yang biasa kita sebut kolesterol tinggi. Tahukah kamu Sahabat Sehat, terdapat 3 jenis penyakit kolesterol yaitu hiperlipidemia, hipertrigliseridemia, dan hiperkolesterolemia. Yuk kita cari tahu perbedaannya!

Sudah Tahu Tiga Jenis Gangguan Kolesterol Ini ?

Sudah Tahu Tiga Jenis Gangguan Kolesterol Ini?
Jenis Kolesterol

Perbedaan Hiperlipidemia, Hipertrigliseridemia, dan Hiperkolesterolemia

Hiperlipidemia yaitu merupakan kondisi ketika tubuh mengalami kelebihan kandungan lemak total dalam aliran darah. Lemak ini termasuk kolesterol dan trigliserida. Pada aliran darah lemak ini akan bergabung dengan protein dan membentuk lipoprotein. Pada dasarnya, lipoprotein terbagi menjadi LDL ( Low Density Lipoprotein), HDL (High Density Lipoprotein), dan VLDL (Very Low Density Lipoprotein). Sedangkan untuk hiperltrigliseridemia dan hiperkolesterolemia keduanya merupakan jenis dari hiperlipidemia.

Hipertrigliseridemia yaitu merupakan peningkatan kadar trigliserida dalam darah. Trigliserida merupakan bagian lemak yang terdapat pada aliran darah. Kadar trigliserida yang berlebihan dapat menjadi lemak jahat bagi tubuh kita karena dengan ukurannya yang besar dapat menyumbat pembuluh darah terutama pembuluh darah otak dan jantung. Gejala-gejala yang dialami jika kamu terkena hipertrigliseridemia adalah kandungan trigliserida yang tinggi dalam darah sehingga dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, migrain, vertigo, lemas, penglihatan kabur, telinga berdengung, mudah mengantuk, mudah marah, mual, sulit bernafas, sering sendawa, kesemutan pada tangan, kaki, bibir dan sekitarnya.

Hiperkolesterolemia yaitu tingginya kadar kolesterol LDL dan VLDL yang merupakan kolesterol jahat dalam darah. Kolesterol merupakan salah satu jenis lemak yang membangun membran sel dan diproduksi oleh semua sel tubuh. Seseorang yang menderita hiperkolesterolemia umumnya tidak menyadari mereka terkena penyakit ini karena tidak terlihat gejala pada awal terkena penyakit ini sehingga harus dilakukan pengujian kolesterol untuk dapat mengetahui kadar kolesterol dalam darah.

kolesterol-tinggi
kolesterol-tinggi

Cara untuk turunkan kadar lemak dalam darah dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat untuk jantung , berolahraga secara teratur, dan menjaga berat badan yang ideal. Hindari atau kurangi konsumsi makanan dan minuman yang manis, berlemak dan berminyak.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *