Penyebab dan Gejala Fatty Liver

Penyebab dan Gejala Fatty Liver – Hati adalah salah satu organ paling penting dalam tubuh manusia. Hati bertanggung jawab untuk memproduksi zat yang akan memecah lemak dan lipid, membuat makanan lebih mudah dicerna. Hati juga menghasilkan beberapa asam amino, yang penting untuk produksi protein, tanpa hati tubuh tidak bisa berfungsi.

Penyebab dan Gejala Fatty Liver

Hati memproduksi banyak kolesterol dalam tubuh, apakah sehat atau tidak sehat. Selain dari kemampuan produksi, hati juga bertindak sebagai filter. Ketika zat berbahaya diambil ke dalam tubuh, hati adalah organ yang bertanggung jawab untuk penyaringan. Misalnya, hati menyaring alkohol dari darah.

Baca juga : ” Obat Tradisional Asam Lambung

Secara sederhana, fungsi utama hati adalah untuk menjaga keseimbangan dalam tubuh. Hati menetralkan racun yang berbahaya, menciptakan zat yang diperlukan dan membuang produk limbah. Selain memproduksi empedu, terdapat beberapa fungsi hati lainnya.

Namun kali ini, kita akan membahas tentang salah satu penyakit pada liver atau hati, yaitu Fatty Liver atau Perlemak Hati. Sebagian orang yang sehat mungkin tidak menyadari apa fungsi hati atau liver bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Bila liver telah sakit, barulah mereka menyadari pentingnya organ ini.

Definisi Fatty Liver

Fatty liver atau perlemakan hati merupakan kondisi dimana terjadi penimbunan lemak yang berlebihan di dalam organ hati. Sebenarnya kondisi perlemakan hati ini tidak berbahaya namun jika terjadi dalam jangka waktu yang panjang akan membuat munculnya berbagai gangguan di dalam tubuh seperti sirosis. Di dalam kondisi normal, hati mengandung lemak. Namun bila kadar lemaknya sudah lebih dari 10% dari berat hati itu sendiri, maka sebagian sel-sel hati yang sehat akan diganti dengan sel lemak. Hati akan berubah warnanya menjadi kuning mengkilat karena berlemak, membesar dan lebih berat dari keadaan normal. Inilah yang disebut dengan faaty liver (perlemakan hati). Penyebab dan Gejala Fatty Liver

Cara Mengobati Faaty Liver

Penyebab dan Gejala Fatty Liver

Secara umum ada dua penyebab adanya fatty liver ini yaitu karena alkohol dank arena non-alkohol, seperti berikut ini:

Fatty Liver Karena Alkohol
Ungkapan bahwa alkohol itu berbahaya bagi tubuh memang bukanlah isapan jempol belaka dan memang benar adanya. Alkohol mengandung kadar gula dan kalori yang sangat tinggi sehingga mampu memicu munculnya berbagai jenis penyakit berbahaya salah satunya adalah fatty liver. Menurut survey yang dilakukan di Amerika Serikat menyebutkan bahwa kebiasaan meminum alkohol akan membuat perlemakan hati menjadi lebih cepat bahkan minum alkohol dalam waktu singkat namun dalam jumlah yang besar akan membuat perlemakan pada hati secara langsung.

Pada penyakit fatty liver yang disebabkan oleh alkohol, ada kemungkinan bisa diobati jika memang berhenti mengkonsumsi alkohol dan juga bisa menjadi lebih buruk jika kebiasaan minum alkohol tersebut diteruskan. Hal yang akan terjadi jika fatty liver ini tidak diobati adalah munculnya sirosis atau pengerasan hati yang akan membuat fungsi hati akan menurun. Secara umum beberapa penyakit yang akan muncul karena fatty liver oleh alkohol ini antara lain adalah:

  • Retensi cairan
  • Pendarahan internal di dalam pembuluh darah
  • Pengecilan otot
  • Kegagalan fungsi hati
  • Jaundice atau penyakit kuning

Fatty Liver Karena Non-alkohol
Penyebab dan Gejala Fatty Liver – Menurut penelitian di Amerika para penderita fatty liver lebih banyak disebabkan oleh faktor non-alkoholik meskipun kebiasaan meminum alkohol di negara tersebut sangatlah kental. Saat ini diperkirakan terdapat 20% penduduk usia dewasa yang mengalami penyakit fatty liver namun mereka masih belum menyadarinya karena gejalanya memang tidak terlalu kentara. Di Indonesia juga kondisi fatty liver lebih banyak disebabkan oleh faktor non-alkohol karena penduduknya sebagian besar tidak mengkonsumsi alkohol.

Penyebab fatty liver karena non-alkohol ini sebagian besar disebabkan oleh kelebihan berat badan atau obesitas, diabetes, keracunan, dislipidemia, kehamilan, pasca operasi bypass pada usus kecil, diet rendah protein, kurang gizi dan karena mengkonsumsi beberapa jenis obat tertentu.

Penyebab Fatty Liver

Gejala fatty liver jarang dirasakan pada sebagian orang, sehingga penderita jarang mengluhkan apa yang dirasakan. Hal ini dikarenakan penimbunan lemak pada organ hati terjadi secara perlahan-lahan dan mulai sedikit demi sedikit sehingga terkadang penderita tidak menyadari hatinya telah tertimbun oleh lemak. Namun secara umum, gejala fatty liver adalah sebagai berikut :

  • Perut terlihat buncit. Perut yang buncit disebabkan adanya pembengkakan pada bagian dalam perut. Dan terkadang hal ini menimbulkan rasa sakit pada saat bernafas.
  • Sering buang air kecil, dan warnanya kuning gelap.
  • BAB tidak teratur.
  • Sering mengalami rasa haus yang berlebihan.
  • Berat badan menurun drastis akibat nafsu makan yang menurun. Dan terkadang orang yang mengalami penyakit fatty liver mudah memar.
  • Mudah terserang sakit kepala, lemah, letih, lesu, mual, perut kembung dan juga depresi.

Baca juga : ” Jelly Gamat Untuk Membantu Pengobatan Orga Hati

 

Tidak ada cara pengobatan khusus untuk menyembuhkan gangguan fatty liver ini, namun bisa dilakukan beberapa cara yang akan sangat tergantung pada penyebabnya jadi fokusnya.

Sekian informasi dari kami, semoga bisa bermanfaat untuk Anda dan Keluarga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *