Penyebab dan Gejala Batu Empedu

Penyebab dan Gejala Batu Empedu – Batu empedu merupakan deposito cairan empedu yang mengeras atau membatu yang terbentuk dalam kantong empedu. Kantong atau Kandung empedu (gallbladder) adalah organ kecil berbentuk seperti buah pir yang terletak di perut bagian kanan, tepat di bawah hati.

Batu empedu lebih banyak ditemukan pada wanita dan faktor resikonya adalah :

  • Usia lanjut
  • Kegemukan (obesitas)
  • Diet tinggi lemak
  • Faktor keturunan.

Komponen utama dari batu empedu adalah kolesterol, sebagian kecil lainnya terbentuk dari garam kalsium.
Cairan empedu yang mengandung sejumlah besar kolesterol yang biasanya tetap berbentuk cairan. Jika cairan empedu menjadi jenuh karena kolesterol, maka kolesterol bisa menjadi tidak larut dan membentuk endapan diluar empedu. Penyebab dan Gejala Batu Empedu

Sebagian besar batu empedu terbentuk di dalam kandung empedu dan sebagian besar batu di dalam saluran empedu berasal dari kandung empedu. Batu empedu bisa terbentuk di dalam saluran empedu jika empedu mengalami aliran balik karena adanya penyempitan saluran atau setelah dilakukan pengangkatan kandung empedu.

Penyebab dan Gejala Batu Empedu

Penyakit Batu Empedu

Ada beberapa faktor risiko untuk batu empedu

1. Obesitas merupakan penyebab utama dari batu empedu (red:baca artikel sebelumnya). Jika Anda kelebihan berat badan, Anda lebih mungkin untuk memiliki lebih banyak lemak dalam tubuh Anda, meningkatkan kesempatan kolesterol terakumulasi di kantong empedu Anda.
2. Usia bisa menjadi faktor risiko lain. Risiko memiliki batu empedu meningkat dengan usia.
3. Jenis kelamin merupakan salah satu faktor risiko terbesar. Batu empedu mempengaruhi perempuan lebih dari laki-laki, tapi laki-laki juga bisa mendapatkan batu empedu.
4. Kehamilan dapat meningkatkan risiko batu empedu kolesterol karena selama empedu kehamilan dapat berisi lebih banyak kolesterol dan kantong empedu tidak berkontraksi secara normal seperti halnya ketika seorang wanita tidak hamil.
5. Pil KB atau terapi hormon, Anda juga dapat meningkatkan risiko mengalami batu empedu karena hormon dan pil KB dapat mensimulasikan kondisi yang sama seperti selama kehamilan.
6. Penurunan berat badan yang cepat dapat meningkatkan risiko batu empedu kolesterol, tetapi setelah berat badan hilang, kolesterol menurun dalam empedu dan batu hilang.

Gejala-Gejala batu empedu?

Secara umum, batu empedu tidak memiliki gejala apapun, namun di beberapa individu batu empedu bisa menjadi besar dan dapat menyebabkan rasa sakit saat mereka selai saluran.

Penyebab dan Gejala Batu Empedu
Jelly Gamat Bio Gold Atasi Ginjal Secara Alami

Dapat batu empedu menyebabkan komplikasi serius?

Ya mereka bisa. Ada banyak hal yang bisa salah jika batu empedu pergi dicentang. Dalam banyak kasus ketika batu empedu menjadi masalah yang cukup serius, mereka dapat menyebabkan penghapusan kandung empedu karena gangren dapat diatur dalam kantong empedu. Komplikasi lain adalah:

1. Kolesistitis adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh peradangan kandung empedu dan terutama disebabkan oleh saluran yang terhalang oleh batu empedu. Awalnya, radang kandung empedu adalah steril, jika tidak ada bakteri hadir.

Namun, lebih dari bakteri saat itu melakukan perjalanan melalui usus dapat menginfeksi kandung empedu dan menyebabkan masalah yang lebih serius Tanda khas kolesistitis adalah nyeri perut. Kondisi ini dapat diobati dengan serangkaian antibiotik.

2. Colongitis disebabkan ketika saluran intrahepatik dalam hati menjadi meradang. Hal ini biasanya terjadi ketika batu empedu macet di beberapa saluran di hati dan empedu menjadi terinfeksi. Orang dengan kondisi ini biasanya sangat sakit dengan demam tinggi dan jumlah sel darah putih.

3. Penyakit kuning biasanya berhubungan dengan penyakit hati, tetapi bisa terjadi dengan batu empedu juga. Pada dasarnya, penyakit kuning adalah hasil dari jumlah yang berlebihan dari bilirubin dalam tubuh, memberikan kulit warna kekuningan. Penyakit kuning terjadi ketika saluran empedu di hati yang terhambat untuk waktu yang lama.

Mengapa saluran terhambat? Dalam beberapa kasus dapat menjadi penyakit dan peradangan hati,Batu-batu cukup besar dan dapat menghambat saluran di hati, yang memungkinkan untuk penyakit kuning untuk memulai.

4. Pankreatitis terutama disebabkan oleh batu empedu dan alkoholisme. Pankreatitis adalah peradangan pada pankreas dan alasan mengapa batu empedu dapat menyebabkan pankreatitis adalah karena pankreas mengelilingi saluran empedu, yang bermuara kantong empedu ke dalam usus. Jika saluran empedu terhambat oleh batu empedu, ia dapat memblok pankreas dari mensekresi jus pankreas, menyebabkan kondisi ini. Untungnya, batu empedu jarang menyebabkan pankreatitis berat.

5. Kanker Kandung empedu juga bisa disebabkan oleh batu empedu. Namun, ada satu peringatan. Hal ini masih belum jelas apa yang datang pertama. Beberapa sekolah dari dokter percaya bahwa batu empedu mendahului timbulnya kanker kandung empedu, sedangkan yang lain percaya bahwa batu empedu dapat menyebabkan kanker yang sebenarnya. Masih banyak penelitian yang perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil akhir.

Gaya hidup menjadi salah satu faktor sumber dari berbagai macam penyakit. Sediakan selalu Jelly Gamat Bio Gold dirumah untuk kesehatan anda dan keluarga, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Sekian informasi tentang Penyebab dan Gejala Batu Empedu yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *