Gejala Asam Urat Penyebab dan Pencegahannya

Gejala Asam Urat Penyebab dan PencegahannyaAsam urat terjadi karena adanya pengkristalan zat purin yang berlebih didalam tubuh. Saat ginjal mengalami gangguan dan tidak mampu mengolah zat purin dalam darah, organ ini lalu ‘mengembalikan’ purin dalam darah dan kemudian mengendap pada persendian, lalu mengkristal.

Dalam kondisi normal, jumlah asam urat yang diproduksi stabil dan tetap seimbang dengan jumlah pembuangannya. Maka dari itu, asam urat terjadi karena kehilangan keseimbangan antara jumlah produksi dan jumlah pembuangan asam urat.

Kadar asam urat normal dalam darah pada wanita sekitar 2.4 – 6 mg / dl dan pada pria 3.4 – 7 mg / dl. Angka ini bisa bervariasi tergantung dari nilai baku masing-masing laboratorium.

Gejala Asam Urat Penyebab dan Pencegahannya
Gejala Asam Urat Penyebab dan Pencegahannya

GEJALA ASAM URAT (Gout Arthritis)

Seseorang yang mengidap penyakit asam urat pada umumnya menimbulkan gejala-gejala seperti berikut:

  • Pada awal seseorang menderita penyakit asam urat, biasanya dapat ditandai dengan gejala seperti sering merasa kesemutan dan terasa linu pada persendian.
  • Sering menderita rasa nyeri, terutama pada malam hari dan pagi hari pada saat bangun tidur.
  • Sering menderita kesakitan pada persendian dan rasa sakit ini sering datang dengan tiba-tiba, sehingga penderita akan merasa kesulitan dalam berjalan.
  • Dapat terjadi pembengkakan pada persendian atau pergelangan kaki.
  • Penderita asam urat biasanya akan mengalami gangguan pada fungsi persendian seperti pada pergelangan kaki, pangkal ibu jari, punggung kaki, lutut, siku dan juga pergelangan tangan.
  • Persendian yang mengalami peningkatan asam urat cukup parah dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan, timbulnya rasa panas dan nyeri yang sangat menyiksa yang sering datang pada saat malam dan pagi hari.
  • Sering timbul rasa nyeri pada punggung, bahkan dapat menyebabkan terjadinya penyakit batu ginjal. Hal ini disebabkan oleh karena terjadi penumpukan zat purin pada ginjal.

Gejala Asam Urat Penyebab dan Pencegahannya

Dalam kondisi normal, jumlah asam urat yang diproduksi stabil dan tetap seimbang dengan jumlah pembuangannya. Maka dari itu, asam urat terjadi karena kehilangan keseimbangan antara jumlah produksi dan jumlah pembuangan asam urat.

kristal-asam-urat
kristal-asam-urat

PENYEBAB ASAM URAT

Penyebab asam urat perlu kita ketahui, untuk menghindari penyakit ini. Berikut adalah faktor penyebab asam urat :

Gaya Hidup

Asupan makanan yang mengandung purin tinggi seperti daging, makanan laut, makanan dan minuman yang mengandung pemanis (fruktosa), dan konsumsi alkohol.

Penggunaan Obat Tertentu

Pengguna obat-obat seperti diuretic tiazid, niacin, aspirin dosis rendah, obat imunosupresif siklosporin dan tacrolimus.

Faktor Genetika

Adanya riwayat keluarga yang pernah menderita penyakit asam urat diketahui berpengaruh sangat tinggi terhadap kerentanan seseorang menderita penyakit ini.

Faktor Resiko Lain

Usia dan jenis kelamin. Umumnya penyakit ini lebih sering menyerang pria daripada wanita, tetapi saat memasuki usia menopause resiko terserang penyakit ini meningkat pada wanita.

Kondisi Tubuh

Obesitas atau kelebihan berat badan merupakan penyebab asam urat. Tidak hanya itu, obesitas juga memicu berbagai komplikasi penyakit lain.

ikan-sarden
ikan-sarden

PENCEGAHAN ASAM URAT

1. Membatasi asupan makanan yang memiliki kadar purin tinggi seperti ikan sarden, daging merah (daging sapi, babi dan kambing), dan makanan laut (tuna, udang, kerang dan lobster). Juga membatasi mengkonsumsi daun singkong, bayam, kangkung dan melinjo. Karena sayur-sayuran ini mengandung purin yang tinggi.

2. Tidak mengkonsumsi alkohol karena alkohol akan meningkatkan kadar asam laktat dalam darah yang dapat menghambat pengeluaran asam urat dari tubuh.

3. Membatasi makanan yang mengandung protein hewani yang tinggi seperti, hati, otak, paru dan limpa. Karena protein hewani dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

4. Membatasi asupan karbohidrat sederhana seperti, roti putih, kue, permen dan makanan lainnya yang mengandung pemanis fruktosa. Dianjurkan memilih jenis karbohidrat kompleks seperti nasi, singkong, dan ubi.

5. Perbanyak konsumsi air putih minimal 2.5 liter atau setara dengan 10 gelas sehari. Mengkonsumsi cairan yang cukup dapat membantu proses pembuangan asam urat melalui urin.

Mengubah gaya hidup yang lebih baik di utamakan dalam hal ini, jalani pola hidup sehat, berolahraga, namun dengan catatan hindari olahraga yang beresiko terhadap penekanan sendi.

Demikianlah beberapa penjelasan tentang Gejala Penyebab dan Pencegahan Asam Urat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *