4 Dampak Kamu Bekerja Terlalu Keras Bagi Kesehatan

4 Dampak Kamu Bekerja Terlalu Keras Bagi Kesehatan – Sahabat Sehat, bekerja keras itu harus. Tentu Sahabat Sehat juga pasti setuju. Lalu bagaimana kalau bekerja terlalu keras?

Sebaiknya kamu tidak menuntut tubuh kamu untuk bekerja secara terus-menerus dan mengabaikan waktu istirahat dan kesehatan mental kamu.

Studi baru menyatakan bahwa alasan mereka tidak beranjak dari tempat duduk di kantor adalah 32% banyaknya pekerjaan yang memang harus dikerjakan, 14% budaya bekerja keras yang ada didalam kantor, dan 13% karena stress.

4 Dampak Kamu Bekerja Terlalu Keras Bagi Kesehatan
dampak-bekerja-terlalu-keras

Sekitar 52% pekerja tidak keluar saat makan siang atau sekedar berjalan keluar ruangan. Padahal mereka menyadari bahwa pergi keluar ruangan sebentar sekedar untuk menghirup udara segar diluar dapat mengurangi stress dan membuatnya sedikit senang.

Tidak hanya gangguan kesehatan fisik, seperti munculnya resiko jantung, diabetes, dan stroke tetapi juga beban mental yang berakibat pada stres akut.

4 Dampak Kamu Bekerja Terlalu Keras Bagi Kesehatan

Memporsil tenaga dan pikiran terlalu berlebihan dapat merugikan kamu. Berikut adalah dampak buruk bekerja terlalu keras bagi kesehatan kamu :

1. Jantung

Beberapa ahli berpendapat jika jam kerja yang panjang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung hingga 80%. Dalam penelitian yang telah dipublikasikan dalam American Journal of Epidemiology, menemukan bahwa karyawan yang terlalu sering bekerja lembur sangat rentan mengalami serangan jantung dan stroke.

Analisis dalam jurnal tersebut diperkuat dengan hasil studi yang dilakukan selama 50 tahun terakhir ini. Banyak penelitan menemukan bahwa jika dibandingkan dengan karyawan yang teratur bekerja selama 8 jam sehari, mereka yang bekerja terlalu lama di kantor berisiko tinggi mengalami gangguan jantung sebanyak 40-80%. Maka dari itu penting untuk menjaga makanan untuk kesehatan jantung.

kesehatan-jantung
kesehatan-jantung

2. Stres

Menumpuknya pekerjaan dengan deadline waktu yang singkat tentu membuat kamu tertekan dan akhirnya memaksakan diri untuk lembur di kantor. Menambah waktu kerja tidak salah dilakukan sesekali waktu supaya pekerjaan bisa selesai. Namun jika terus menerus lembur itu berarti ada yang salah, baik dari manajemen waktu kamu atau banyaknya pekerjaan dari kantor.

Jika terus menerus dilakukan akibatnya kamu sangat mudah mengalami stres. Kondisi ini akan berdampak pada ketegangan fisik, psikis, emosi, dan mental. Tidak hanya itu, stres yang dialami juga akan memicu tubuh kamu mengalami tekanan darah tinggi, detak jantung yang meningkat, gula darah yang tidak terkontrol (diabetes), hingga mengalami kematian.

liburan-menghilangkan-stres
liburan-menghilangkan-stres

3. Perubahan perilaku

Faktor ini sebenarnya tidak akan terlalu dirasakan oleh orang-orang terdekat kamu yang setiap hari bersama dengan kamu. Namun, coba temui beberapa teman yang sudah beberapa bulan tidak bertemu. Jika mereka mengatakan ada perubahan perilaku pada diri kamu, bisa jadi itu adalah akibat karena bekerja terlalu keras.

Perubahan perilaku yang terjadi dapat disebabkan karena pekerjaan kamu tidak seimbang dengan kehidupan sosial kamu. Biasanya perubahan ini lebih mudah terjadi pada wanita.

perubahan-perilaku
perubahan-perilaku

4. Perubahan fisik

Jika terlalu banyak bekerja juga cenderung membuat kamu kurang memerhatikan penampilan fisik. Kamu menjadi lebih cuek dan tidak acuh pada fisik kamu. Perubahan fisik yang terjadi bisa karena berat badan yang tiba-tiba menurun drastis atau rambut yang menjadi rontok. Selain itu, banyak bekerja bisa membuat kamu stres dan mudah memunculkan keriput pada wajah. Jangan heran jika kamu menjadi tampak lebih tua dari usia kamu karena terlalu keras bekerja.

rambut-rontok
rambut-rontok

Jadi Sahabat Sehat, kamu hanya membutuhkan 10 menit saja beranjak dari meja kantormu dan berjalan keluar sekedar untuk mencari udara segar atau pergi makan siang dapat membuat pikiran kembali segar dan terhindar dari stress dan itu sangat membantu mencegah resiko penyakit diabetes dan jantung saat bekerja.

Sekian informasi tentang 4 Dampak Kamu Bekerja Terlalu Keras Bagi Kesehatan ini dibuat, semoga bermanfaat.

 

Ref :
guesehat com
orangdalam com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *